LKS Nasional Ke 27 Tahun 2019 di Yogyakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pembinaan SMK  menggelar kegiatan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat Nasional 2019. Acara yang digelar pada 7-13 Juli 2019 Di Yogyakarta ini melibatkan 759 peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengungkapkan bahwa SMK mampu menghasilkan individu yang berkompeten dan siap kerja. “Maka dengan adanya kegitan ini diharapkan dapat menggambarkan kualitas SMK,” kata Didik.

Senada dengan Didik, Direktur Pembinaan SMK, Dr. M Bakrun juga menjelaskan bahwa pelajar SMK bukan sekadar diasah kemampuan atau keterampilannya. Dalam perlombaan ini, mereka juga harus menunjukkan kelebihan lainnya.

“Kegiatan ini juga sekaligus ntuk meningkatkan daya saing anak, agar mempunya jiwa yang tangguh, jujur, dan disiplin,” jelas Dr.M Bakrun.

Beliau melaporkan bahwa setiap bidang lomba di kompetisi ini mengalami peningkatakan. Pesertanya naik sekitar 30 persen dibandingkan tahun lalu. Dengan adanya kenaikan tersebut, maka keikutsertaan peserta dari Jawa dan luar Jawa juga naik.

Dalam Ajang LKS ini SMK Muhammadiyah 3 Samarinda mewakili Propinsi Kalimantan Timur dalam Bidang Lomba Electrical Installation. Tahun ini merupakan tahun Ke 5 Berturut turut mewakili propinsi Kalimantan Timur di ajang yang sama.

LKS SMK Nasional 2019 diselenggarakan dibeberapa tempat berbeda karena menyesuaikan kebutuhan bidang keahlian, seperti di Jogya Expo Center (JEC), Fakultas Teknik UMY, dan SMK 6 Yogyakarta.

Untuk Bidang Lomba Electrical Installation dilaksanakan di Jogja Expo Center (JEC), dengan peserta 1 orang  M.ardhi Wibowo dan 1 pendamping Guru Bapak Sugeng Agus Rodi selaku Kepala Program Studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik.