UKK Teknik Alat Berat

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event.

UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.

Untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 ini Teknik Alat berat SMK Muhammadiyah 3 Samarinda melaksanakan UKK pada tanggal 25 – 27 Februari 2019, lebih cepat dari jadwal yang di agendakan oleh Direktorat PSMK dan juga Dinas Pendidikan Kalimantan Timur dikarenakan menyesuaikan jadwal dengan mitra Industri PT. United Tractors Tbk Cabang Samarinda. UKK dilaksanakan mengacu pada standar Industri Alat Berat, adapun materi yang diujikan yaitu Diesel Engine, Electrical System dan Preventive Maintenance Buldozer Komatsu D85 ESS -2A. (mda)